UPACARA HARI LAHIR PANCASILA, PENDIDIKAN KARAKTER,  UPAYA MEMBUMIKAN PANCASILA BAGI ANAK BANGSA

31 Views
Published
Bupati Sukabumi Marwan Hamami bersama Wakil Bupati  Iyos Somantri dan Forkopimda mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 secara virtual dari Pendopo Sukabumi. Dalam Upacara ini Presiden RI H. Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara. Selasa (1/6/2021)

Dalam amanatnya H. Joko Widodo mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila harus dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Apalagi di tengah globalisasi dan interaksi antar negara yang semakin mudah, pendalaman nilai Pancasila harus semakin kuat.

"Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi," ujarnya.

Oleh karena itu, H. Joko Widodo mengajak semua pihak untuk memperkokoh nilai Pancasila untuk mewujudkan Indonesia maju

"Saya mengajak seluruh aparat pemerintah, tokoh agama, pendidik, generasi muda, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu memperkokoh nilai Pancasila,"ucapnya.

Usai mengkikuti upacara, H. Marwan Hamami mengatakan, Pancasila harus menjadi kekuatan yang bisa memberikan semangat di tengah perkembangan teknologi khususnya dalam mengimplementasikan sila ke tiga, yakni persatuan Indonesia.

"Teknologi yang semakin kuat, dasar Pancasila pun harus kuat tertanam di anak bangsa," ungkapnya.

Menurut H. Marwan, pendidikan karakter menjadi salah satu upaya membumikan Pancasila bagi anak bangsa di Kabupaten Sukabumi yang tercemin lewat berbagai aktifitas.

"Semisal lewat Kepramukaan hingga pembelajaran anak usia dini. Nila-nilai Pancasila sendiri  telah tercermin dalam visi-misi Kabupaten Sukabumi," pungkasnya.
Kategori
kami tv
Jadi yang pertama untuk mengomentari