Upacar Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 Kabupaten Sukabumi

61 Views
Published
Peringatan Hari Pendidikan Nasional kali ini hendaknya dijadikan momentum untuk melakukan muhasabah, mesu budi, atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Untuk itu kita perlu merenung dan menengok ke belakang, untuk melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan dan kemudian bergegas melangkah ke depan, guna menggapai cita-cita pendidikan nasional yang didambakan. Demikian disampaikan Menteri Pendidikan Nasional dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, Bertempat di Halaman Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Selasa (02/05).

Pada kesempatan tersebut Bupati menyerahkan secara simbolis Piagam Penghargaan kepada Tokoh-Tokoh Pendidikan Kabupaten Sukabumi serta Guru Berprestasi

Dikatakan pula, pada Hari Pendidikan Nasional ini kita berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional. Karena kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat. Begitu pula sebaliknya, jika pendidikan kita subur dan rindang, akar kebudayaan akan lebih menghunjam dalam di tanah tumpah darah Indonesia. Oleh karena itulah mari kita satukan tekad untuk “Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan” dengan disertai niat yang ikhlas serta usaha yang keras tak kenal lelah dalam mengabdi di dunia pendidikan.

Lebih lanjut Mendiknas menyampaikan, Untuk menjawab semua tantangan , sejak awal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah meneguhkan pentingnya penguatan pendidikan karakter dan literasi, karena selain ikhtiar mencerdaskan bangsa. Hal itu sejalan dengan revolusi karakter bangsa sebagai bagian dari pengejawantahan program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden. Ikhtiar itu makin kuat menyusul ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), yang mengamanahkan gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga, dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono, Forkominda Kab. Sukabumi, Sekretaris Daerah Kab. Sukabumi Drs.H. Iyos Somantri, M.Si, Kepala Perangkat Daerah dan Camat Se Kab. Sukabumi, Tokoh Pendidikan serta undangan lainnya.
Jadi yang pertama untuk mengomentari