SEMPAT VIRAL, AKHIRNYA JALAN BANGBAYANG DI RESMIKAN

30 Views
Published
Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan mengoptimalkan infrastruktur di daerah untuk kemudahan akses dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, diantaranya dengan membangun jalan penghubung terutama di daerah yang jauh dalam pengurusan administrasi ke setiap kecamatan. Sebagai contoh Jalan Bangbayang- Cimahpar yang menjadi akses cepat ke Kecamatan Tegalbuleud.

"Jalan (Bangbayang-Cimahpar) jadi akses terdekat bagi masyarakat untuk ke Kecamatan Tegalbuleud. Akses ini lebih cepat, ketimbang harus mutar lewat jalan utama," ujar Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami usai Peresmian Ruas Jalan Bangbayang-Cimahpar, Kecamatan Tegalbuleud, Kamis (16/1/2020).

Tak hanya itu, keberadaan jalan penghubung tersebut, membuka ekonomi masyarakat. Sehingga, masyarakat sekitar bisa menjual hasil pertanian ke luar daerahnya.

"Dulu hasil pertanian tidak bisa dijual ke luar, dengan akses ini, mereka bisa meningkatkan jaringan perdagangan terkait produksi pertanian," ucapnya.

Menurut H. Marwan Hamami, Pemkab Sukabumi telah menyelesaikan pekerjaan infrastruktur jalan sekitar 85 persen dari total jalan Kabupaten Sukabumi sepanjang 1.400 KM.

"Sisanya nanti di 2020 akan terus dilanjutkan. Bahkan terus ditingkatkan," ungkapnya.

Terkait Jalan -jalan yang sudah baik kondisinya, Bupati meminta masyarakat turut memperhatikan dan memeliharanya. Sehingga, jalan yang sudah baik dapat terus terjaga.

"Perhatikan muatan kendaraan yang melintas, drainasenya. Bahkan bila perlu berswadaya membuat selokan agar air tidak cepat merusak jalan," terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bangbayang, Asep Priatna mengaku peresmian jalan tersebut menjadi kado luar biasa di 2020. Bahkan menjadi kebanggaan dengan diresmikan secara langsung oleh H. Marwan Hamami.

"Ini sejarah dan suatu kebanggan bagi masyarakat Desa Bangbayang," paparnya.

Asep menjelaskan, Selama ini, masyarakat harus memutar dengan menempuh jarak 64 KM untuk mencapai Kantor Kecamatan dan mengeluarkan biaya transportasi yang tidak sedikit.

"Makanya jalan ini untuk mempermudah dan mempercepat akses masyarakat di sini ke Kecamatan," jelasnya.

Warga Desa Bangbayang, Anggi Hidayat mengaku bersyukur atas pembangunan jalan tersebut. Apalagi setelah berpuluh tahun kondisinya sangat memprihatinkan.

"Sekarang sudah bagus. Mimpi kami menjadi nyata. Apalagi bisa diresmikan Pak Bupati," ujarnya dengan gembira

Anggi menambahkan, Jalan tersebut menjadi akses utama masyarakat di sejumkah kampung yang berada di dua desa di Kecamatan Tegalbuleud. Lewat pembangunan akses jalan tersebut akan lebih memajukan desa. "Desa Bangbayang ke depan bisa lebih maju. Apalagi dengan mulusnya jalan Bangbayang-Cimahpar,"

Dalam kegiatan tersebut, tidak hanya meresmikan dan mengecek kondisi jalan Bangbayang-Cimahpar, H. Marwan Hamami juga menyerahkan 10 ribu pohon produktif dan turut serta menanam pohon di sekitar Jalan Bangbayang-Cimahpar.
Kategori
kami tv
Jadi yang pertama untuk mengomentari