SEKDA BUKA FORGAB PERANGKAT DAERAH PENYUSUNAN DOKUMEN RKPD 2021

35 Views
Published
SEKDA BUKA FORGAB PERANGKAT DAERAH PENYUSUNAN DOKUMEN RKPD 2021

Sekda Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri membuka Forum Gabungan (FORGAB) Perangkat Daerah di Hotel Pangrango, Selasa (3/3/2020). Kegiatan Penyusunan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sukabumi Tahun 2021 tersebut, diikuti DPRD, Perangkat Daerah dan Camat se Kabupaten Sukabumi.

H. Iyos Somantri mengatakan, penyusunan RKPD 2021 tersebut merupakan langkah panjang sejak tahun lalu. Hal itu dimulai dari diselenggarakanya take off meeting pada akhir November 2019. Selain itu, dilanjutkan dengan Musrenbang tingkat Desa hingga Kecamatan. Bahkan, anggota DPRD pun telah menerima aspirasi masyarakat melalui reses di daerah pemilihannya masing masing. "Semua itu ditindaklanjuti dengan penginputan usulan pokok pokok pikiran DPRD dalam sistem RKPD Online," ujarnya, Selasa (3/3/2020).

Semua kegiatan yang telah masuk dalam RKPD online, telah mulai diverifikasi oleh perangkat daerah guna menghasilkan usulan kegiatan yang berkualitas. Hal itu meliputi pemenuhan. Persyaratan teknis sesuai dengan prioritas daerah khususnya untuk tahun 2021. "Verifikasi ini sangat baik dilakukan untuk menghindari permasalahan pada tahapan di kemudian hari. Seperti permasalahan ketersediaan lahan, kesesuaian indikator, dan target kegiatan. Termasuk masalah kewenangan yang sering menjadi hambatan," ucapnya.

Menurutnya, usulan yang masuk ke dalam RKPD online sebanyak 7.201 usulan kegiatan melalui musrenbang Kecamatan dan 4.762 usulan pokok pokok pikiran. Menurutnya, renja perangkat daerah akan memudahkan dalam penyusunan RKPD 2021. "Di samping menyepakati dalam forum gabungan perangkat daerah ini, diharapkan dapat dipahami oleh para Stakeholder untuk bisa dinikmati hasilnya oleh masyarakat. Maka dari itu, pembangunan infrastruktur dan parawisata harus diperhatikan," ungkapnya.

Fokus pembangunan 2021 Kabupaten Sukabumi ialah percepatan pembangunan, Maka dari itu harus ada perencanaan yang baik dan berkualitas. Tentu saja untuk meningkatkan pelayanan publik, harus direncanakan dengan matang dan terprogramkan dengan baik," terangnya.

Sekda berharap acara ini bisa menghasilkan yang baik untuk kesejahteraan warga masyarakat Kabupaten Sukabumi. "Tentu saja untuk Kabupaten Sukabumi yang lebih baik," paparnya.

Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara mengapresiasi pemerintah daerah dalam Forum Gabungan Perangkat Daerah penyusunan RKPD 2021. "DPRD berharap acara ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tentunya untuk kesejahteraan"

Dirinya menambahkan bahwa anggota DPRD sudah menampung aspirasi masyarakat sebagai bahan bagi penyusunan RKPD itu sendiri pada saat reses anggota DPRD. "Semoga saran dari masyarakat dalam penyusunan RKPD 2021 bisa terlaksana dan harapan dari masyarakat bisa bersinergi dengan visi dan misi pemerintah daerah," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan Hasil Forum Gabungan Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Tahun 2020.

#sukabumi #jawabarat
Kategori
kami tv
Jadi yang pertama untuk mengomentari