PRESIDEN MINTA RAPBD DISUSUN DENGAN CERMAT SERTA DUKUNG INVESTASI DAN UMKM, H. MARWAN

35 Views
Published
Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo membuka Musyawarah Nasional (Munas) V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang dilaksanakan secara virtual. Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami mengikuti acara tersebut dari Pendopo Sukabumi, Jumat (26/3/2021)

Munas V APKASI ini dilaksanakan untuk memilih kepemimpinan baru. Pasalnya, masa bhakti kepemimpinan sebelumnya telah selesai.

Dalam sambutannya, Presiden RI H. Joko Widodo menekankan berbagai hal kepada para Bupati, mulai dari konsolidasi anggaran yang harus dilakukan agar RAPBD dilihat secara detail dan cermat.

"Buat skala prioritas yang betul betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.Penganggaran harus fokus kepada yang memang dibutuhkan. Jangan lupa juga manajemen kontrol pengawasan harus dilakukan," ujarnya.

Selain itu, penanganan pandemi covid 19 jangan sampai lengah. Menurut H. Joko Widodo, tetap lakukan testing, tracing, dan treatment. Terutama di wilayah yang masih zona merah dan orange.

"Program vaksinasi pun harus dikawal secara detail. Pastikan proses vaksinasi berjalan cepat. Dahulukan pula di tempat yang interaksi dan mobilitasnya tinggi," ucapnya.

Demikian pula, pemulihan ekonomi pun sangat penting. Oleh karena itu, program padat karya harus diperbanyak. Termasuk harus membantu pelaku UMKM.

"Setiap program yang ada, harus menggunakan produk lokal agar industri di dalam negeri begeliat dan tidak ada PHK terhadap karyawan," ungkapnya.

Terakhir, Presiden H. Joko Widodo menitipkan agar para Bupati melayani eksportir dan investor yang ada di daerahnya.

"Bantu pelaku UMKM yang mengekspor produknya. Layani juga investasi yang ada di daerah. Kunci ekonomi kita ada di ekspor dan investasi," terangnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengapresiasi dan berterima kasih kepada para Bupati. Sebab, setahun ini telah bekerja keras melayani dan mendampingi masyarakat menghadapi pandemi covid 19.

"Saya mengapresiasi dan berterima kasih telah membantu program pemerintah pusat sehingga semua terlaksana dengan baik," bebernya.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, selain pemilihan kepengurusan baru, munas ini untuk membuat arah dan tujuan organisasi dalam menjawab berbagai persoalan. Termasuk yang disampaikan Presiden H. Joko Widodo.

"Nanti setiap wilayah akan menyampaikan pemikiran -pemikirannya. Kabupaten Sukabumi masuk ke dalam wilayah barat. Kita pun akan menyampaikan pemikiran dalam memajukan wilayah," terangnya.

Berkaitan beberapa penekanan yang disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutan, H. Marwan mengaku di Kabupaten Sukabumi telah berjalan. Baik masalah anggaran, skala prioritas, ataupun yang lainnya.

"Di Kabupaten Sukabumi sudah berjalan," pungkasnya.
Kategori
kami tv
Jadi yang pertama untuk mengomentari