PENGAMANAN KERUSUHAN PEMILU DI SUKABUMI #simulasi

95 Views
Published
Yonarmed 13 Nanggala Kostrad Gelar Simulasi Pemilu 2019. SEKDA KAB SUKABUMI APRESIASI
============================

Dalam rangka pengamanan menjelang pemilihan Umum Presiden pada April mendatang Yonarmed 13 Kostrad melaksanakan simulasi Pengamanan hasil pemungutan suara Pilpres dan legislatif di Gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi Jalan Cemerlang, Jum'at (15/02)

Kegiatan yang di Pimpin Komandan Yonif Armed (Danyonarmed) 13 Nanggala Kostrad Mayor arm Micha Arruan S.E.,M.M itu melibatkan 500 personil gabungan TNI dan POLRI.

"tujuan dari latihan tersebut untuk melatih anggotanya dalam rangka melaksanakan kegiatan Pampileg dan Pilpres, sehingga mereka (setiap Anggota) tahu tahapan serta prosedur penanganannya, siapa berbuat apa, siapa berkoordinasi dengan siapa dan siapa bertanggung jawab kepada siapa,"Tutur Kepala Staf Resimenarmed 2 Kostrad
Letkol arm Didik Harmono Kasmen yang hadir beserta para unsur Muspida kota dan Kabupaten Sukabumi.

Masih menurut Letkol arm Didik Harmono Kasmen bahwa tahapan kegiatan tersebut memiliki prosedur pengamanan sesuai dengan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang Tentara Nasional Indonesia.

"Salah satu tugas pokok TNI itu ada operasi militer perang dan operasi militer selain perang. Dalam operasi militer selain perang itu ada tugas pokok, yang pertama tugas nya membantu pemerintah daerah, membantu polisi dalam rangka kamtibmas, jadi yang kita laksanakan ini dalam rangka membantu pemerintah daerah khususya KPU, Bawaslu,"jelasnya.

Ditempat yang sama Ketua KPU kota Sukabumi Sri utami menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya simulasi yang dilakukan oleh jajaran Yon Armed 13

" kegiatan latihan gabungan yang diselenggarakan oleh Batalyon armed 13 Nanggala Kostrad ini saya nilai sangat baik, karena dengan latihan seperti ini kami dapat melihat bagaimana pasukan Kostrad dapat memahami dengan baik setiap tahapan-tahapan dalam pengamanan Pemilu, bagaimana mencegah dan menangani kemungkinan kemungkinan yang akan terjadi dan dapat menghambat dan mengganggu jalanya pesta demokrasi ini" terangnya

Sri utami berharap Pemilu Presiden dan legislatif 2019 dapat berjalan dengan tertib dan aman.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi H. Iyos Somantri menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini di perlukan untuk menjaga kondusifitas.

" Saya sangat mengapresiasi simulasi ini yang merupakan kegiatan awal mengingat kedepan kita menghadapi pemilu legislatif dan pemilihan presiden, mudah mudahan melalui kegiatan ini terwujud koordinasi lintas sektor antara pemerintah Daerah, KPU, TNI dan Polri dan tercipta kondusipitas di Kabuparen dan Kota Sukabumi" terangnya.

Latihan ini di hadiri juga oleh unsur Polres Kabupaten dan Kota, Polisi pamong praja Kab/Kota, KPU Kab/Kota serta undangan lainnya.
Jadi yang pertama untuk mengomentari