PEMBUKAAN FESTIVAL BUAH 2020 TINGKAT KABUPATEN SUKABUMI

32 Views
Published
FESTIVAL BUAH 2020, H. MARWAN HAMAMI " JADIKAN EVENT RUTIN PROMOSI PRODUK PERTANIAN SERTA KEPARIWISATAAN"

Potensi Pertanian Hortikultura
Kabupaten Sukabumi sangat beragam, apabila dikelola dengan baik akan menghasilkan komoditas pertanian unggulan

Pemkab Sukabumi terus melakukan upaya peningkatkan produktivitas, peningkatan kualitas ekspor, inovasi teknologi tepat guna, pemasaran yang efektif, sehingga menjadi solusi dan peluang untuk pengembangan pertanian dimasa mendatang.

Upaya mengembangkan pertanian diantaranya dengan menyelenggarakan Festival Buah Kabupaten Sukabumi tahun 2020 dengan tema “Gedor, Gerakan Dorong Produksi, Ekspor dan Ramah Lingkungan”. Di lapang Cangehgar, Palabuhanratu (31/1)

" Festival buah sebagai komitmen kami untuk mengembangkan sektor pertanian sehingga menjadi sektor unggulan dan mensejahterakan masyarakat petani". Ungkap Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami saat membuka acara yang dihadiri ribuan pengunjung tersebut.

Dalam Festival tersebut seluruh Kecamatan dan Perangkat Daerah terkait membuka stand buah lokal terbaik, hal tersebut menjadikan acara makin menarik dan semarak.

H. Marwan Hamami menambahkan bahwa Pemkab. Sukabumi telah melakukan pencanangan gerakan komando strategi pembangunan pertanian atau disebut juga kostratani.

"gerakan ini mendorong petani lebih maju, mandiri dan modern.
Kostratani juga berperan sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring kemitraan" tambahnya

Menurutnya Konstratani relevan dengan program Gedor Hortikultura Kementerian pertanian yang bertujuan untuk mendorong peningkatan produksi hortikultura sebesar 7 persen/tahun. Selain itu untuk mendukung gerakan tiga kali lipat ekspor (Gratieks) selama periode lima tahun ke depan.

" dimasa depan, saya berharap event Festival buah Kab. Sukabumi dapat mendorong kesejahteraan petani juga menjadi salah satu daya tarik wisata dan bisa meningkatkan wisatawan domestik dan mancanegara". Pungkasnya

Jenis Buah yang diperlombakan di acara festival tersebut antara lain durian, manggis, sawo, rambutan, pisang, dan pepaya, Di akhir acara Bupati Sukabumi meninjau stand buah yang ditampilkan oleh 47 Kecamatan.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI, Kadis Ketahanan Pangan Prov. Jabar, Kadis Ketahanan Pangan Kab. Sukabumi, Para Camat se-Kab. Sukabumi serta undangan lainnya.
Kategori
kami tv
Jadi yang pertama untuk mengomentari