MAKSIMALKAN PERAN PKK, Hj. YANI JATNIKA " REVITALISASI POSYANDU MENJADI MULTIFUNGSI"

24 Views
Published
MAKSIMALKAN PERAN PKK, Hj. YANI JATNIKA " REVITALISASI POSYANDU MENJADI MULTIFUNGSI"

14 Ketua TP PKK Kecamatan dilantik oleh Ketua TP PKK Kab. Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan disaksikan Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.
Di Aula Pendopo Sukabumi, Jumat (24/1)

Ketua TP PKK yang dilantik berasal dari Kecamatan Ciracap, Cidadap, Purabaya, Gegerbitung, Cibitung, Sukabumi, Sukaraja, Cisaat, Gunungguruh, Nagrak, Cidahu, Cikakak, Cisolok, dan Pabuaran.

" ada tiga Kecamatan yang ketua TP PKKnya dijabat oleh istri Sekmat. Sebab, Camatnya merupakan perempuan yaitu Ketua TP PKK Kecamatan Purabaya, Gegerbitung, dan Cibitung," terang Hj. Yani Jatnika usai pelantikan.

Dirinya berharap, ketua TP PKK yang baru mampu beradaptasi dan menjalankan tugas dan fungsinya, serta mampu membuat terobosan terobosan yang berdampak baik bagi masyarakat.

"Kembangkan program dan lakukan inovasi-inovasi. Sehingga keberadaan TP PKK bisa dirasakan masyarakat dan berkontribusi mewujudkan Sukabumi lebih baik," paparnya.

Ditempat yang sama, Bupati Sukabumi menyatakan bahwa Keberadaan TP PKK, terutama di Kecamatan harus berdampak pada penanggulangan stunting serta meminimalisir kematian ibu dan anak.

Menurutnya TP PKK harus bisa memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan dan memudahkan komunikasi antar TP PKK ataupun lintas sektor.

"TP PKK bisa bekerjasama dengan Kominfo. Semisal membuat video converence, untuk memudahkan komunikasi," ucapnya.

Tak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Sukabumi hadir dalam memberikan layanan dasar bagi masyarakat. Salah satunnya lewat layanan antar gratis. Terutama bagi yang kesulitan dalam biaya antar ke Puskesmas.

"Nanti akan bekerjasama dengan aplikasi online. Jadi masyarakat yang memerlukan pelayanan ke Puskesmas bisa dengan mudah. Selama ini, banyak yang tidak mau ke Puskesmas karena terbentur ongkos angkutan. Makanya, kita permudah dalam layanan dasarnya,' ungkap Bupati.

Merespon Harapan Bupati Sukabumi terkait stunting, penanganan kematian ibu dan anak. Hj Yani Jatnika mengatakan di dalam PKK terdapat pokja 4 yang membidangi kesehatan. Pokja konsentrasi dalam mengurangi stunting serta angka kematian ibu dan anak.

"Makanya kita akan revitalisasi Posyandu menjadi multifungsi. Sehingga tidak hanya kegiatan imunisasi, KB, gizi, angka kematian ibu dan bayi. Namun, di dalamnya nanti akan ada konsultasi mengenai traficking, stunting, KDRT, narkotika dan lainnya," pungkasnya

Dalam acara tersebut, Hj.Yani Jatnika Marwan juga menyerahkan piagam penghargaan dan kenang-kenangan kepada ketua TP PKK Kecamatan yang sudah purna tugas.
Kategori
kami tv
Jadi yang pertama untuk mengomentari