Kampung KB Cara Pemerintah Berdayakan Masyarakat

236 Views
Published
Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami laksanakan Saba Kampung KB, Sabtu (29/2/2020). Kegiatan tersebut dilakukan ke Kampung KB Sungapan, Desa Cikembang, Kecamatan Caringin.

Kedatangan Bupati disambut antusias warga sekitar. Sebelum masuk ke lokasi acara, sejumlah orang meminta untuk berjabat tangan ataupun berpoto.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan berbagai penyerahan oleh Bupati. Hal itu dimulai dari pembagian sembako, akta kelahiran, akta nikah yang masing masing secara simbolis lima orang. Hal itu termasuk penyerahan bibit buah durian serta telor bagi desa di Kecamatan Caringin.

Tak hanya itu, Bupati pun menyaksikan penandatanganan rencana kerja intensifikasi pajak kendaraan bermotor di wilayah Kecamatan Caringin antara pusat pengelolaan pendapatan daerah wilayah Kabupaten Sukabumi 1, Cibadak dengan Kecamatan Caringin. Termasuk perjanjian kerjasama antara Kecamatan Caringin dan UPK Caringin.

H. Marwan Hamami mengatakan, Kampung KB merupakan salah satu cara pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat. Baik dari penataan keluarga, ekonomi, dan lingkungan. "Pak Presiden mendorong pembangunan itu dimulai dari desa. Sehingga desa diberi kekuatan dalam pemberdayaan pembangunan," ujarnya, Sabtu (29/2/2020).

Maka dari itu, terdapat beberapa hal dari adanya kampung KB. Dimulai untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, hingga ketahanan keluarga dan ekonomi. "Masyarakat dilatih untuk bisa mandiri dalam menunjang perekonomian," ucapnya.

Selepas itu, program satu desa satu produk bisa terus dikembangkan. Sehingga, ke depan setiap desa memiliki ikon produk unggulan masing masing. "Pertumbuhan ini bisa dimulai dari desa," ungkapnya.

Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi mengatakan, keberadaan kampung KB tersebut untuk meningkatkan kualitas pembangunan. Makanya diadopsi pemerintah pusat menjadi program pusat. "Kampung KB dibentuk untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat," terangnya.

Maka dari itu, dirinya berterima atas peran semua pihak. Terrutama instansi yang mendukung program kampung KB di Kabupaten Sukabumi. "Makasih kepada setiap OPD yang telah berkolaborasi hingga terciptanya kampung KB ini," paparnya.

Ketua Kampung KB Sungapan Wawan mengaku banyak perubahan di kampungnya. Apalagi setelah dicanangkan menjadi kampung KB. "Awal pembentukan kampung KB, di sini daerahnya tertinggal jika dibandingkan yang lain. Alhamdulillah, sekarang bisa mengejar ketertinggalan dari kampung lain," terangnya.

Lewat kampung KB, banyak program yang masuk ke wilayahnya. Mulai dari penyuluhan PHBS, pelayanan KB, pelayanan administrasi kependudukan, dan lainnya." Kami ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah membantu membina dan memberikan penyadaran kepada masyarakat. Sehingga bisa bangkit dari ketertinggalan," jelasnya.

Sebelum meninggalkan tempat, H. Marwan Hamami dengan rombongan berbaur bersama masyarakat sekitar untuk menyaksikan pertunjukan bobodoran. Bahkan ikut menari bersama masyarakat. Di akhir kegiatan, dilakukan penanaman pohon hingga meninjau stand Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Desa Gede Pangrango.
Kategori
kami tv
Jadi yang pertama untuk mengomentari