JALAN PENGHUBUNG PATOK BESI-JOGLO, DULU DIKELUHKAN KINI DIBANGGAKAN

27 Views
Published
JALAN PENGHUBUNG PATOK BESI-JOGLO, DULU DIKELUHKAN KINI DIBANGGAKAN

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami menegaskan 85 persen jalan dalam kondisi baik. Terutama jalan yang pengelolaannya dilakukan Pemerintah Kabupaten Sukabumi.

"Dari panjang jalan Kabupaten Sukabumi sekitar 1.400 KM, 85 persennya dalam kondisi baik. Sisanya akan terus dilanjutkan di 2020 ini," ujarnya pada Peresmian Program Peningkatan Partisipasi Pembangunan Kecamatan (P3K) Desa Cilangkap, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, Kamis (23/1/2020).

Menurutnya, Percepatan pembangunan infrastruktur ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Sebab, standar pelayanan minimal yang didorong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ialah lewat infrastruktur.

"Berdasarkan survei pembangunan, rata rata permintaan masyarakat ialah infrasktur jalan. Jalan menjadi faktor utama berinteraksi. Termasuk secara ekonomi, sosial, hingga penanganan kesehatan," ucapnya.

Oleh karena itu, jalan jalan yang sudah baik tersebut harus dijaga masyarakat. Sehingga, ketahanan jalan bisa lebih awet.

"Harus tahu juga beban jalan, termasuk mengalirkan air ke gorong gorong. Sehingga tidak ada air yang menggenang di jalan hingga merusaknya. Dalam hal ini perlu sikap gotong royong dari masyarakat," ungkapnya.

Tak hanya itu, H. Marwan Hamami memiliki program bedah kampung. Hal itu untuk menyelesaikan persoalan di desa. Menurutnya jika tahun sebelumnya bantuan rutilahu di bagi beberapa titik ke seluruh wilayah kabupaten sukabumi namun tahun 2020 ini dirinya akan memfokuskan pada beberapa titik desa yang di anggap tertinggal hingga dapat menyelesaikannya persoalan dalam satu kampung tersebut

"Kalau misalnya ada 20 Rutilahu di satu kampung, maka akan dibedah semuanya. Termasuk sanitasi hingga yang lainnya. Insha Allah beberapa tahun ke depan tidak ada lagi rutilahu di Kabupaten Sukabumi," terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Cilangkap Suhendi mengatakan, pembangunan jalan sekitar 2,5 KM dari program P3K tersebut sangat membantu masyarakat. Baik dari segi kesehatan, pertanian, hingga pendidikan.

"Dulu jalannya hancur. Sekarang sudah baik. Bahkan mengantarkan orang yang sakit pun sudah tidak kesulitan. Termasuk menjual hasil pertanian masyarakat," paparnya

Jalan yang menghubungkan Patok Besi hingga Joglo ini perlu waktu lebih dari lima tahun jika dibangun menggunakan dana desa. Pasalnya anggaran pembangunan jalan dari dana desa sekitar 400 meter per tahunnya.

"Makanya kami berterima kasih kepada pak Bupati yang telah membangun jalan ini. Sehingga manfaatnya bisa terasa oleh masyarakat," jelasnya

Bahkan tak sampai di sini saja, tahun ini ada anggaran lagi untuk melanjutkan pembangunan jalan. Sehingga masyarakat benar benar merasakan jalan yang baik. "Insya Allah tahun ini dapat anggaran lagi untuk jalan," terangnya.

Warga Desa Cilangkap M. Halimin mengaku bersyukur atas adanya jalan tersebut. Sehingga aktivitas warga bisa lebih cepat. "Terima kasih pak Bupati, Desa Cilangkap mendapatkan bantuan perbaikan jalan," paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, H. Marwan Hamami secara simbolis memukul gong sebagai tanda peresmian Program Peningkatan Partisipasi Pembangunan Kecamatan (P3K) Desa Cilangkap, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi.

Sebelum peresmian dimulai H. Marwan Hamami dan rombongan disambut dengan sejumlah tarian tradisional. Usai kegiatan Bupati melanjutkan meninjau PAUD yang berlokasi di desa tersebut.
Kategori
kami tv
Jadi yang pertama untuk mengomentari