EVENT PERDANA PANAHAN, KETUA FORMI SUKABUMI CANANGKAN JADI KEJUARAAN RUTIN

25 Views
Published
EVENT PERDANA PANAHAN, KETUA FORMI SUKABUMI CANANGKAN JADI KEJUARAAN RUTIN

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka kejuaraan Memanah antar klub sekolah se Kota/Kabupaten Sukabumi tahun 2020, yang diselenggarakan oleh Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), Minggu (8/3/2020). Pertandingan yang memperebutkan piala Bupati Sukabumi tersebut dilaksanakan di Stadion Korpri Cisaat.

132 peserta mengikuti lomba panahan tersebut. Lomba yang diikuti sejumlah klub sekolah dari SD hingga SMA sederajat ini, terdapat beberapa kategori. Hal tersebut mulai dari pemula, prestasi, horsebow, dan barebow.

Kategori SD Pemula dengan jarak tembak 7 meter. SD prestasi jarak tembak10 meter. SMP/SMA pemula jarak tembak 15 meter dan kategori prestasi 20 meter. Selain itu, kategori horsebow 15 meter jarak tembaknya. Sementara itu, barebow jaraknya 20 meter.

H. Marwan Hamami mengatakan, kegiatan tersebut untuk mencari bibit atlet potensial di Kabupaten Sukabumi. Termasuk mengevaluasi hasil latihan selama ini dalam olahraga panahan. “Perlombaan ini juga untuk melihat sejauh mana hasil pelatihan selama ini. Lomba seperti ini menjadi parameternya,” ujarnya, Minggu (8/3/2020)

Maka dari itu, event semacam ini akan terus didorong. untuk mengasah kemampuan para atlet. Termasuk membina bibit atlet agar bisa berkiprah di tingkat nasional. “Kita pun akan terus mendorong kegiatan olahraga di kalangan milenial. Baik itu panahan, volley, basket ataupun olahraga lainnya,” ucapnya.

Apalagi ke depan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan membuat area olahraga terintegrasi. Sehingga, semua fasilitas olahraga akan terus dilengkapi untuk pembinaan atlet Sukabumi. “ Ke depan, sarana olahraga akan berada di satu titik secara terintegrasi,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati berpesan pertandingan semacam ini sebagai ajang silaturahmi. Terutama antar klub dan atlet. “Junjung sportifitas dan terpenting, jadikan kejuaran ini sebagai ajang silaturahmi,’ terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua FORMI Kabupaten Sukabumi Hj. Yani Jatnika Marwan mengatakan, event yang baru pertama diadakan tersebut untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Terutama mengenai olahraga panahan. “ Selain silaturahmi, kejuaran ini untuk mencari bibit gemilang,” paparnya

Menurutnya, kegiatan tersebut untuk mengajak kaum milenial agar tidak terlalu fokus ke gadget. “Panahan sedang tren saat ini, makanya kita coba mengalihkan mereka (kaum milenial) untuk melupakan gadget. Ini tak hanya menyalurkan hobi, namun bisa berprestasi juga,” jelasnya.

Event pertama yang diadakan FORMI Kabupaten Sukabumi akan dilaksanakan setiap tahunnya. Hal itu untuk mengakomodir atlet yang ada di Kabupaten Sukabumi. “Kita berharap dan akan berusaha agar event ini rutin dilaksanakan,” terangnya.

Ketua KONI Kabupaten Sukabumi Sirojudin mendukung terselenggaranya lomba tersebut. Lewat perlombaan tersebut dapat melahirkan atlet baru di Kabupaten Sukabumi. “Panahan ini merupakan salah satu cabang olahraga yang berada di bawah KONI. Bahkan dari Kabupaten Sukabumi sudah ada atlet panahan berkelas internasional. Makanya saya dukung agar event ini terus dilaksanakan,” terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, H. Marwan Hamami memanah sebagai tanda dibukaan kejuaran memanah antar klub di Sukabumi.

#sukabumi #jawabarat
Kategori
kami tv
Jadi yang pertama untuk mengomentari