BUPATI SUKABUMI BUKA WORKSHOP PENGELOLAAN LIMBAH B3

31 Views
Published
BUPATI SUKABUMI BUKA WORKSHOP PENGELOLAAN LIMBAH B3

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka Workshop Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Medis di Hotel Horison, Sabtu (14/3/2020). Workshop yang diselenggarakan Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (Hakli) Kabupaten Sukabumi tersebut untuk peduli dalam pengelolaan limbah B3 medis.

Sebelum dibuka, Bupati bersama tamu undangan lainnya melakukan senam enam langkah mencuci tangan. Hal itu untuk membiasakan berprilaku hidup bersih dan sehat. Apalagi di tengah ramainya permasalahan corona.

H. Marwan Hamami mengatakan, kegiatan workshop tersebut sebagai bentuk penyelamatan lingkungan. Terutama dalam pengelolaan limbah B3. "Intinya Hakli mencoba berperan dalam upaya penyelamatan lingkungan kita. Jangan sampai persoalan lingkungan baru terpantau saat kritis," ujarnya, Sabtu (14/3/2020).

Maka dari itu, lewat kegiatan bertema Peduli lingkungan hari ini untuk kehidupan yang lebih baik di hari esok tersebut, harus saling memberikan masukan dan telaahan. Sehingga proses go green bisa terjawab. "Lingkungan harus hijau dari persoalan limbah," ucapnya.

Dalam hal ini, Hakli harus menjadikan masyarakat Sukabumi berbudaya lingkungan sehat. Makanya Hakli harus masuk kepada kehidupan masyarakat Sukabumi. "Hakli bisa melakukan semacam pembinaan lingkungan," ungkapnya.

Bupati Sukabumi berharap, peserta workshop bisa saling mendukung. Terutama dalam menjaga kesehatan lingkungan. "Tanpa peran semua, Sukabumi lebih baik akan lama tercapai," terangnya.

Ketua Hakli Kabupaten Sukabumi, Ujang Soleh Suryaman mengatakan, peserta workshop akan mendapatkan dua aspek manfaat. Pertama dari pengelolaan limbah B3 dan regulasi hukumnya. "Fasilitas pelayanan kesehatan ini tidak hanya menghasilkan limbah. Namun harus peduli juga dalam pengelolaannya. Apalagi ada aturan terkait limbah ini. Jadi nanti peserta bisa mengerti secara pengelolaannya dan hukumnya," terangnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut diikuti sejumlah peserta dari berbagai daerah di Jawa Barat.Mulai dari Sukabumi, Bogor, Kabupaten Bandung Barat, dan Indramayu. "Jadi tidak hanya di Kabupaten Sukabumi saja pesertanya. Namun dari bebeberapa daerah pun hadir. Mulai dari kepala rumah sakit, puskesmas, dan lembaga yang berkaitan dengan limbah B3," paparnya.

Dalam kegiatan tersebut, dihadirkan sejumlah narasumber dari berbagai sektor. Hal itu seperti dari Kementerian LHK, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, DPMPTSP, dan praktisi lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sukabumi mendapatkan cenderamata berupa produk daur ulang dari Bank Sampah binaan Hakli Kabupaten Sukabumi.

#sukabumi #jawabarat
Kategori
kami tv
Jadi yang pertama untuk mengomentari