BUPATI SUKABUMI " ATASI MASALAH KESEHATAN, PERLU PENANGANAN TERPADU SEMUA KOMPONEN

28 Views
Published
BUPATI SUKABUMI " ATASI MASALAH KESEHATAN, PERLU PENANGANAN TERPADU SEMUA KOMPONEN

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami membuka kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan Forum Lintas Profesi Kesehatan Wilayah VI Pajampangan, Kamis (5/3/2020). Kegiatan forum dari profesi dokter, perawat, bidan, apoteker, analis, dan kesling ini dilaksanakan di Cibarehong, Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Kehadiran Bupati disambut tarian sampurasun dari Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI). Serta paduan suara Forum Lintas Profesi Kesehatan Wilayah VI Pajampangan.

Dalam kegiatan bertema "Mengabdi Tanpa Batas dalam Mewujudkan Masyarakat Pajampangan Hidup Sehat" dilaksanakan pengukuhan Forum Lintas Profesi Kesehatan wilayah VI Pajampangan periode 2020-2023. Pengukuhan tersebut dilakukan Ketua Forum Lintas Profesi Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Masykur Alawi

Selain itu, terdapat penampilan senam dan joget juara oleh Tim Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas)

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, forum lintas profesi kesehatan tersebut sangat luar biasa. Apalagi di tengah kompleksitas pembangunan kesehatan, perlu penanganan terpadu dari seluruh komponen. "Kegiatan ini bisa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di wilayah selatan," ujarnya, Kamis (5/3/2020).

Menurutnya, kolaborasi antar profesi harus diperkuat. Sebab, perlu penanganan terpadu dalam melayani masyarakat. "Perlu kerjasama antar profesi kesehatan dalam memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Sehingga persoalan dapat semakin mudah teratasi," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati meminta persoalan seperti corona bisa disikapi bersama. Dalam hal ini, selalu membiasakan hidup bersih dan sehat. "Kita diberikan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai obat obatan herbal. Bisa menjaga tubuh dengan minum jahe, kunyit, hingga temulawak. Bahkan kita bisa tes secara langsung kondisi air yang kita gunakan". ungkapnya.

Bupati berharap, tekait kesehatan, penduduk di Kabupaten Sukabumi dapat terlayani secara merata. Apalagi, Presiden Joko Widodo menginginkan SDM maju dan masyarakat sehat di 2020.

"Makanya permasalahan stunting, hingga kematian ibu dan anak harus dicermati. Termasuk, bhakti sosial ini dilaksanakan agar masyarakat bisa terlayani dari segi kesehatan," terangnya.

Ditempat yang sama, Camat Surade Utang Supratman mengatakan, keberadaan Forum Lintas Profesi Kesehatan Wilayah VI Pajampangan tersebut harus bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Baik di Panjampangan ataupun Sukabumi. Apalagi, kesehatan bukan hanya tugas pemerintah saja. "Permasalahan kesehatan merupakan tugas semua, mari sama sama meningkatkan derajat kesehatan," jelasnya

terdapat empat faktor yang memengaruhi kesehatan. Hal itu mulai dari lingkungan, perilaku, peran pemerintah, dan gen. "Di wilayah Surade alhamdulillah sudah dilaksanakan bersih bersih, bahkan pemerintah sudah membantu menyediakan fasilitas kesehatan. Termasuk membantu masyarakat pra sejahtera. Makanya agenda (bakti sosial) ini sangat baik dan semoga bisa terus dilaksanakan," terangnya

Sementara itu, Ketua Panitia Alex Kusuma mengatakan, bakti sosial tersebut sebagai wujud pengabdian terhadap masyarakat. ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan. "Ada pengobatan massal untuk 200 orang, khitanan massal bagi 50 orang, iva test 50 orang. Ada juga pemeriksaan kesehatan golongan darah sebanyak 500 orang, gula 200, dan kolestrol 200 orang. Kita juga akan melaksanakan fogging di wilayah Surade," terangnya.

Selanjutnya Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami bersama rombongan meninjau stand pelayanan bhakti sosial, melakukan chek darah dan mencoba memeriksa kualitas air secara langsung.

#sukabumi #jawabarat
Kategori
kami tv
Jadi yang pertama untuk mengomentari